PRODUCT

Binder

Salah satu alat tulis yang cukup populer adalah loose leaf binder yang dapat digunakan baik untuk belajar maupun bekerja. Salah satu poin yang membuat nya praktis digunakan adalah kertasnya yang bisa diisi ulang dan dapat berfungsi sebagai catatan atau bahkan scrapbook. Masalahnya, tidak semua nya nyaman digunakan.

Tidak sedikit  yang ringnya sulit dibuka atau bahkan mudah rusak. Selain itu, banyaknya merk, misalnya keluaran Kokuyo, Joyko, atau Bantex bisa saja membuat Anda bingung memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi loose leaf binder terbaik. Selamat menyimak!

Cara memilih loose leaf binder

Banyaknya jenis loose leaf binder yang ada di pasaran bisa membuat Anda bingung untuk memilih. Kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu Anda perhatikan agar Anda bisa menemukan produk yang tepat.

Pilih berdasarkan tujuan penggunaan

Penggunaan loose leaf binder sebenarnya bersifat personal dan akan berubah sesuai tujuan penggunaan, jumlah kertas yang hendak digunakan, lokasi dan tempat penggunaan, serta sering dibawa atau tidak.
Secara umum loose leaf binder terbagi menjadi 2 tipe, yaitu tipe home dan carry. Tipe carry lebih menitikberatkan pada kemudahan saat dibawa dan dipakai menulis. Sementara itu, tipe home lebih fokus pada kemudahan penyimpanannya. Karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli, Anda perlu mengetahui kebutuhan Anda terlebih dahulu.

Pilih berdasarkan bobot dan jumlah kertas

Kapasitas loose leaf binder sangat bervariasi tergantung dari diameter ringnya. Binder dengan diameter ring yang kecil tentunya memiliki kapasitas kertas lebih sedikit. Akan tetapi, binder dengan tipe seperti ini akan lebih ringan dan mudah dimasukkan ke dalam tas. Di sisi lain, binder dengan diameter ring yang lebih besar akan memiliki kapasitas kertas lebih banyak, tapi tentu saja lebih berat.
Anda bisa memilih binder tipe carry dengan diameter ring yang kecil untuk dibawa ke mana-mana. Dengan begitu, bobotnya juga akan lebih ringan dan tidak terlalu membebani Anda saat membawanya setiap hari. Sementara itu, bila Anda lebih sering memakai loose leaf binder di rumah, pilihlah yang memiliki ring berukuran besar agar bisa menampung file lebih banyak.

Pilih yang ring nya tidak terasa mengganggu

Anda bisa menggunakan binder dengan dua cara, yakni melepas kertasnya  atau menulisnya langsung . Bila Anda menggunakan  tanpa melepas kertasnya, mungkin tidak jarang Anda merasa terganggu oleh ring  yang terasa mengganjal tangan saat Anda sedang mencatat.
Akhir-akhir ini, terdapat loose leaf binder yang telah didesain sedemikian rupa sehingga bagian ringnya tidak menghalangi tangan Anda saat menulis. Bagian ring seperti ini hanya terdapat di sisi atas dan bawah . Pastikan Anda mengecek poin ini juga saat memilih ya!

Pilih berdasarkan kemudahan membuka dan menutup ringnya

Pernahkah Anda menjatuhkan binder karena ring yang sulit dibuka? Keunggulan utama nya adalah kertasnya yang bisa diisi ulang. Jadi bila ringnya sulit dibuka, keunggulan utamanya tadi justru malah jadi tidak terasa.
Apalagi, Anda pun akan sering membuka-tutup ringnya untuk menata catatan Anda sehingga poin ini menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Selain itu, bila ring  sulit dibuka-tutup, jari Anda bisa saja terjepit saat Anda sedang terburu-buru. Ring merupakan bagian penting yang akan mempengaruhi kemudahan pemakaian binder tersebut. Jadi, pastikan untuk mengecek bagian ring  sebelum Anda membelinya.

Pilih berdasarkan daya tahan ringnya

Loose leaf binder bukanlah jenis barang yang sering Anda gonta-ganti. Terutama bila Anda menggunakannya sebagai buku catatan, tentu sayang bila tak menggunakannya untuk jangka panjang.
Saat ini, sudah ada ring nya terbuat dari bahan plastik dengan daya tahan yang baik. Namun, tetap saja ring yang terbuat dari logam lebih kuat dan tahan lama. Bahannya yang kuat tidak akan membuat Anda khawatir kertas mudah terlepas.
Namun, perlu diperhatikan bahwa jika dengan ring logam biasanya lebih berat dan berukuran lebih besar. Jadi, jika Anda menginginkan dengan daya tahan lama, pilihlah dengan ring logam. Jika Anda lebih mengutamakan kemudahan saat membawanya, dengan ring berbahan plastik akan lebih cocok untuk Anda pilih. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda.